Kamis, 11 Oktober 2012

Review Gadmei USB TV Stick UTV380

Ok, untuk sharing aja. Beberapa bulan lalu ane mo beli tv tuner tuk dipasang ke lapie ane, pilihan dijatuhkan ke product tv tuner keluaran gadmei yaitu gadmei usb tv stick UTV380.


 Gambar 1. Kemasan USB TV Stick

Well, ada beberapa point yang membuat ane milih tv tuner ini, antara lain:
  1. Kecil & porabel; mudah dipindah-pindah antara lapie ke kompie. Karena berbentuk usb, otomatis tinggal clep.
  2. Fitur; ada tv analog, tv digital dan FM radio plus interface USB 2.0, prospek kedepannya juga bagus karena udah support digital, usb juga yang versi 2.0 cukup up to date-lah.
  3. Harga; cucoklah dikantong :-D

Kelengkapan Accessories

Dalam paket penjualannya TV Tuner ini di bundel dengan
1 pcs CD driver,
1 pcs kabel usb extension,
1 modul antena portable,
1 pcs kabel AV,
1 pcs Antena FM,
1 pcs Remote Control (2 x baterai AAA tidak termasuk),
2 lembar manual, dan
1 pcs kartu garansi


Installasi

Proses instalasi terbilang mudah, cukup install driver & software dari cd bawaannya, trus tinggal clep. Detect sendiri, scan channelnya tv tuner siap dech. Perhatikan waktu ketika scan channel, jangan tiru ane yang nyecan pas tengah malem :p dapetnya dikit.

Berikut adalah cd installer dan manual installasi dari ane.
  1. CD Installer TV Home Media 3
  2. Installasi driver dan software TV Home Media 3 (On Progress)

Troubleshooting & Solusi

Sejauh ini, ane hanya menemukan beberapa permasalahan minor aja. Antara lain :


  1. Tidak terlalu backward compatible dengan USB hub 1.x. jadi jika mau di sambung dengan hub, pastikan USB hub adapter-nya juga versi 2.0.
  2. Qualitas gambar tergantung antena untuk tv analog, sementara qualitas tv digital tidak dipengaruhi antena untuk gambar cuman suara agak sedikit kecil. Gunakan antena outdoor untuk tv analog, klo tidak memungkinkan bisa tetep pake antena indoor tapi sering-sering pindah posisi untuk hasil maksimal :-p
  3. Ada sedikit bug yang sedikit mengganggu di software TV Home Media 3, yaitu di bagian Channel Manager. Bug muncul apabila channel list sudah ≥ 20. Bug-nya adalah jika kita click channel 20 maka yang aktif (terclick) adalah channel diatasnya alias 19 begitu seterusnya.
  4. Beda komputer, beda pula hasil scan-nya. Pertama hasil scan ane di lapie ane yg procienya i5 menangkap cukup banyak channel, sementara hasil scan kompie ane yang processornya P4 3.0GHz hanya menangkap sebagian kecil saja. Solusi ane adalah export listnya dari lapie ke kompie :D
  5. Ada kalanya lapie ane rewel, ane colok ke port USB 2.0 tetapi ke detectnya tetep USB 1.0, ketika hal ini terjadi yang ane lakukan adalah uninstall semua driver bawaan TV Tuner ini, restart lapie, install ulang drivernya dan kemudian import ulang semua channel list-nya. Sejauh ini solusi ini berhasil buat ane :D

Berikut adalah hasil export channel list ane :

  1. AnalogTV
  2. DigitalTV
  3. FMRadio
Kalo ada penamaan yang masih salah, belum ada di list bolehlah kita berbagi.

Semoga bermanfaat.

20 komentar:

  1. gan, udh aq install tpi kok ada comment device initiated faied. mhn infony

    BalasHapus
  2. thanx gan, sharing yang sangat bermanfaat ....

    BalasHapus
  3. Mas/Agan/Bos, terimakasih banyak sy mendapatkan lagi driver aslinya usb tv stick Gadmei utp 380, sy sdh bolak balik , naik turun cari cd bawannya nggk ketemu, cari di google tambah pusing, e... ketika mau nyerah ketemu situs anda yang baik hati memberikan softwarenya, asli lagi, waw ane cuma ucapkan terima kasih, smg ini amal anda.
    tanks. Alkos, Pangkalpinang, Bangka.

    BalasHapus
  4. gan, bisa dicolokin tv kabel ga? semisal firstmedia dll...
    gmn carannya? tks

    BalasHapus
  5. Pada nomor 3, yang aktif adalah channel diatasnya, yaitu 19. Bukannya itu bawahnya dari 20 gan?

    Mungkin maksud antum ketika di klik 20 maka channel 19 muncul, jika 21 maka 20 muncul, dst..

    CMIIW

    BalasHapus
  6. bro bisa kirimin via email channel list nya?
    soalnya aku download di link diatas udah broken :)

    thanks, mohon kirim channel list ke afurqannn@yahoo.com

    terimakasih

    BalasHapus
  7. lha kok detect virus gan, kok .exe ini file?

    BalasHapus
  8. Terimakasih. file chanel list nya sangat membantu

    BalasHapus
  9. thanks bangget nih ane gan...
    ketolong banget.. kompie ane cuma bisa nangkep 4 channel.. sementara stasiun tv kan banyak yang seru.. berkat blog agan sekarang jadi ada 24 channel..

    semoga berkah ya gan blog nya.. makin maju.. heee, makasih banget sekali lagi

    BalasHapus
  10. gan itu antena indoornya udah termasuk di box itu gak?

    BalasHapus
  11. saya suka nonton siaran parabola untuk tv dari negara cina yakni :CCTV-4 亚洲, kira2 bisa ga ya ? pake gadmei ini , trus kualitas gambarnya bagus ga ( 720 HD gitu ga ?),kalo suara stereo ?

    BalasHapus
  12. bagus reviewya gan, ane mau beli ah

    BalasHapus
  13. kalau installnya gk pakek cd gmana caranya?
    dan netbook q windows 10

    BalasHapus
  14. kenapa ya sudah terinstals tapi tidak bisa di gunaka. kurang apa nya ya

    BalasHapus